Minggu, 30 Maret 2014

Pengertian Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi, atau "OS," adalah perangkat lunak yang berkomunikasi dengan perangkat keras dan memungkinkan untuk menjalankan. sistem operasi terdiri dari perangkat lunak sistem, atau file dasar komputer perlu boot dan fungsi. Setiap komputer desktop, tablet, dan smartphone termasuk sistem operasi yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk perangkat.

Sistem operasi desktop umum termasuk Windows, Mac OS X, dan Linux. Meskipun setiap sistem operasi berbeda, mereka semua menyediakan antarmuka pengguna grafis, atau GUI, yang mencakup desktop yang dan kemampuan untuk mengelola file dan folder. Windows, Mac OS X, dan Linux juga memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi. Sementara Windows dan Linux dapat diinstal pada hardware PC standard, Mac OS X hanya dapat dijalankan pada komputer Macintosh. Oleh karena itu, perangkat keras yang Anda pilih mempengaruhi  sistem operasi apa yang  dapat Anda menjalankan.

Perangkat mobile, seperti tablet dan smartphone juga mencakup sistem operasi yang menyediakan GUI dan dapat menjalankan aplikasi . sistem operasi mobile umum termasuk Android, iOS, dan Windows Phone. sistem operasi ini dikembangkan secara khusus untuk perangkat portabel dan oleh sebab itu dirancang di sekitar touchscreen masukan. Sementara sistem operasi mobile awal tidak memiliki banyak fitur yang ditemukan di sistem operasi desktop mereka sekarang termasuk kemampuan canggih, seperti kemampuan untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Karena sistem operasi berfungsi sebagai dasar komputer user interface, secara signifikan mempengaruhi bagaimana Anda berinteraksi dengan perangkat. Oleh sebab itu, banyak pengguna lebih suka menggunakan sistem operasi tertentu. Sebagai contoh, seorang pengguna dapat memilih untuk menggunakan komputer dengan Mac OS X bukan PC berbasis Windows. Pengguna lain mungkin lebih memilih smartphone berbasis Android bukan sebuah iPhone, yang menjalankan iOS.

Ketika pengembang perangkat lunak membuat aplikasi, mereka harus menulis dan mengkompilasi mereka untuk sistem operasi tertentu. Hal ini karena setiap sistem operasi berkomunikasi dengan hardware yang berbeda dan memiliki antarmuka program aplikasi tertentu, atau API, bahwa programmer harus menggunakan. Sementara banyak program populer adalah crossplatform, berarti mereka telah dikembangkan untuk beberapa sistem operasi, beberapa hanya tersedia untuk sistem operasi tunggal. Oleh karena itu, ketika anda akan memilih komputer, anda harus memastikan sistem operasi (OS) yang mendukung kinerja program yang ingin Anda jalankan

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 10.07

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 10.07
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar