Selasa, 25 Maret 2014

Memahami GOMS Dalam IMK

Kito Share - Model Goals, Operators, Method, Selections diperkenalakan oleh Card, Moran dan Newell. Penjelasannya sebagai berikut :

1. Goal adalah tujuan yang  ingin dicapai user
2. Operator, merupakan level terendah analisis, terdiri atas tindakan dasar yang dilakukan user dalam menggunakan system.
3. Methods, dimana ada beberapa cara untuk membagi tujuan ke dalam beberapa sub-tujuan.
4. Selection, merupakan pilihan terhadap motedo yang ada.  GOMS tidak membiarkan pilhan menjadi random, namun lebih dapat diprediksi . namun demikian secara umum hal tersebut bergantung kepada user, kondisi system dan detail tujuan.
5. Rule 1: select USE-MENU-METHOD unless anther, rule applies
6. Rule 2: if the application is GAME, select CTRL-W-METHOD

Analisi GOMS umumnya terdiri dari suatu tujuan tingkat tinggi yang kemudian didekomposisi menjadi deretan unit tugas (task) yang selanjutnya dapat didekomposisi lagi sampai pada level operator dasar. Dekomposisi tujuan antara tugas keseluruhan dan tugas unit melibatkan pemahaman terhadap strategi pemecahan masalah oleh user dan domain aplikasi secara edtail. Bentuk deskripsi high-level-goal ini nantinya diadpsi selama proses analisis tugas.

Analisis struktur tujuan GOMS dapat digunakan untuk mengestimasi kebutuhan memori jangka pendek. Pemilihan dapat diuji keakuratannya dengan jejak user dan perubahan respons. GOMS merupakan metode yang baik untuk mendeskripsikan bagaimana seorang ahli melakukan pekerjaannya. Jika digabungkan dengan model fisik dan model perlengkapan maka akan dapat digunakan untuk memprediksi kinerja user dari aspek waktu eksekusi.

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 00.29

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 00.29
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar