Minggu, 23 Maret 2014

bahasa pemrograman

kito share - Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komuter. berbeda dengan bahasa alamiah, misal bahasa Indonesia,inggris dan lain sebagainya, sintak dan sematik bahasa pemrograman (komputer) ditentukan secara kaku sehingga bahasa pemrograman disebut bahasa formal (formal language). jadi di dalam bahasa pemrograman, yang digunakan sebagai alat komunikasi untuk memberikan perintah kepada komputer, tidak berlaku kebebasan berekspresi seperti layaknya bahasa alamiah.

pemrograman dalam arti luas meliputi seluruh kegiatan yang tercakup dalam pembuatan program, termasuk analisis kebutuhan dan seluruh tahap perancangan, perancangan dan implementasinya. dalam pengertian lebih sempit, pemrograman merupakan pengkodean (coding atau program writing = penulisan rogram) dan pengujian (testing) berdasarkan rancangan tertentu. pemahaman lebih sempit ini sering digunakan dalam pembuatan program erapan komersial yang membedakan antara system analyst yang bertanggung jawab menganalisis kebutuhan, perencanaan dan perancangan program dengan pemrograman (progammer) yang bertugas membuat kode dan menguji kebenaran program.

Bahasa tingkat rendah
bahasa tingkat rendah ( low-level-loanguage) merupakan bahasa assembly atau bahasa mesin, yang lebih dekat ke mesin (hardware),dimana high level programming language dekat pada bahasa manusia.
a. bahasa mesin : merupakan representasi tertulis kode mesin (machine code), yaitu kode operasi suatu mesin tertentu. abstraksi bahasa ini adalah kumpulan kombinasi kode biner "0" dan "1" yang sangat tidak alamiah bagi kebanyakan orang, kecuali bagi insiyur pembuat mesin komputer.
b. bahasa assembly : merupakan notasi untuk menyajikan bahasa mesin yang lebih mudah dibaca dan dipahami manusia. contoh "MOV AX 1111", pindahkan ke register AX nilai 1111.

bahasa tingkat tinggi
bahasa tingkat tinggi (high-level-language) adalah bahasa pemrograman yang dekat dengan bahasa manusi. kelebihan untama dari bahasa ini adalah mudah dibaca, ditulis, maupun diperbarui. contohnya ADA, Algol, BASIC, COBOL, C, C++, FORTRAN,LISP,PASCAL , dan lain sebagainya.

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 14.15

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 14.15
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar