Kamis, 27 Maret 2014

Pengenalan Dasar JavaScript

Kito Share - Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netspace pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser netscape navigator 2. Pada saat itu bahasa ini banyak dapat kritik karena kurang aman, pengembangan bahasa pemrograman ini yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalah yang di tampilkan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejlan dengan sedang giatnya kerjasama antara netspace dan sun (pengembangan bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka netspace memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4-12-1995. Pada saat itu juga Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai “Jscript” di browser internet Explorer 3. Javascript adalah bahasa program yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML (HyperText Markup Language), sepanjang perjalanan internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web.

Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah-perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan sisi server web. Javascript bergantung kepada browser (navigator) yang memanggil halaman web yang berisi skrip-skrip dari javascript dan tentu saja terselip di dalam dokumen HTML (HyperText Markup Language). Javascript juga tidak memerlukan kompilator atau penterjemah khusus untuk menjalankan (pada kenyataannya kompilator javascript sendiri sudah termasuk di dalam browser tersebut). Lain halnya dengan bahasa “jave” (dengan javascript selalu disbanding-bandingkan) yang memerlukan kompilator khusus untuk menterjemahkannya di sisi user/klien. Tabel daftar navigator dan versi dari javascript:


Javascript merupakan suatu bahasa yang perkembang annya lambat dibandingkan dengan java yang berkembang sangat cepat. Di javascript kita tidak mungkin menyembunyikan kode skrip yang kita tulis, kode langsung di tulis di dalam dokumen HTML dan sangat mudah terlihat, sedangkan java, kode sudah berbentuk setengah terkompilasi dan tidak mungkin terlihat dari dalam dokumen HTML (HyperText Markup Language), satu mesin virtual di sisi user yang bertanggung jawab untuk menterjemahkan program, setiap kali halaman HTML yang memuat applet tersebut dipanggil oleh browser, bisa kita katakana bahwa javascrips cukup cepat di panggil (di load) oleh navigator. Javascrip sendiri merupakan bahasa yang mudah dimengerti, dalam artinya diperlukan skill novice atau dasar untuk mengerti bahasa ini, jika anda sudah terbiasa dan mengenal komsep bahasa programan visual, maupun java ataupun C, akan sangat mudah untuk memahami komsep javascript. Berikut ini sutu table yang berisi beberapa pebandingan mendasar antara java dan javascript :

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 12.37

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 12.37
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar