Jumat, 28 Maret 2014

Media Transmisi dalam Komunikasi Data

Media transmisi pada komunikasi data merupakan hal yang sangat penting mengingat data atau informasi yang dikirimkan harus mempunyai media untuk menyampaikan ke si  penerima. Media tranmisi data pada komunikasi data dapat dibagi menjadi dua, yaitu guided dan un- guided :

  • Media transmisi guided : meripakan media kasat mata yang mentransmisikan sekaligus memandu gelombang untuk menuju pada tujuan
  • Media tranmisi un-guided: berfungsi untuk mentransmisikan data tetapi tidak bertugas sekaligus sebagai pemandu yang mengarahkan ke tujuan transmisi.

Faktor -faktor yang berhubungan dengan media transmisi dan sinyal sebagai penentu kecepatan data dan jarak adalah

  • Bandwidth (lebar pita): semakin besar bandwidth sinyal, semakin besar data yang dapat ditangani.
  • Transmission Impairement (kerusakan transmisi): Untuk media guided, kabel twisted pair secara umum menyebabkan kerusakan transmisi yang lebih besar dari pada kabel koaksial sementara kabel koaksial menyebabkan kerusakan transmisi yang lebih besar dai pada serat optic.
  • Interference (interferensi): inerferensi sinyal dalam pita frekuinsi yang saling overlapping dapat menyebabkan distorsi atau merusak sinyal. Interferensi mendapat perhatian khusus pada media un-guided. Untuk media guided, interferensi juga menjadi masalah. Untuk media guided, interferensi dapat disebabkan oleh emanasi yang dikeluarkan dari kabel-kabel yang berdekatan.
  • Jumlah penerima (receiver): sebuah media terpadu dapat digunakan untuk membangun hubungan poin-to-point atau hubungan yang dapat digunakan secara bersama-sama dengqan menggunakan alat tambahan. Masing-masing alat tambahan akan menyebabkan munculnya atenuasi dan distrorsi dengan segera serta membatasi jarak dan kecepatan data. Gambar dibawah ini menunjukan speaktrum elektromagnetik dan frekuensi-frekuensi pada tempat dimana bebagai teknik transmisi dan media terpadu beroperasi.

keterangan secara umum tentang kedua media tranmisi tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Spectrum elektromagnetik mengidenkasikan frekuensi di mana berbagai macam teknik tranmisi guided dan un-guided beroperasi seperti gambar di bawah ini.

Gambar di atas menunjukan gambar spectrum elektromagnetik dan frekuensi-frekuensi pada tempat dimana berbagai teknik ransmisi dan media guided beroperasi. Secara umum media transmisi dapat didefinisikan sebagai penghubung fisik antara transmitter dan receiver dalam system komunikasi data.

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 21.38

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 21.38
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar