Sabtu, 22 Maret 2014

Logika Proposisional dan Predikat

Kito Share - logika proposisional adalah logika dasar pada pemrograman yang harus dipahami oleh programer karena logika dasar inilah yang menjadi dasar penentuan nilai kebenaran dari suatu pernyataan, yaitu true (benar) atau false (salah) pada pengujian kondisi dalam pemrograman. pada artikel ini akan disajikan Suatu bahasa kalimat abstrak yang disebut logika proposisional  (proposition logic), serta akan diberikan aturan-aturan apakah kalimat tersebut bernilai valid atau tidak.
beberapa pernyataan (statement) dapat langsung diterima kebenarannya tanpa harus diketahui kebenaran pembentuk-pembentuknya, seperti pernyataan berikut:

"kalimantan memiliki jumlah bayi lebih banyak dibanding bali atau kalimantan memilki jumlah bayi lebih sedikit dibanding bali"

kalimat tersebut langsung bisa diterima kebenarannya tanpa harus ada orang yang datang  ke jawa dan sumatera untuk membuktikan apakah jumlah balita di jawa memang lebih banyak dari sumatera, atau sebaliknya. kalimat tersebut merupakan contoh dari kalimat abstrak {p or (not p)}

kalimat abstrak adalah valid jika bernilai benar tanpa perlu memedulikan kebenaran atau kesalahan dari proposisi-proposisi penyusunnya. contoh lain dari kalimat yang juga "valit" adalah not (p and (not p)) or q.
proposisi (pernyataan) adalah komponen dasar pembentukan kalimat logika (sentence) dalam logika propo-sisional. adapun kalimat yang dibentuk dari prosisi disebut kalimat deklaratif, yaitu kalimat yang bisa ditentukan nilai kebenarannya, true atau false, tetapi tidak kedunya sekaligus.
proposisi (pernyataan) dalam kalimat logika dinyatakan dengan simbol-simbol proposisi, yaitu:
simbol atau nilai kebenaran (truth value) yaitu true dan false
simbol-simbol proposisional (propositional sym-bol) yaitu huruf-huruf p, q, r, s, t,...

berikut ini adalah beberapa contoh proposisi (pernyataan):
a. yogyakarta adalah ibukota negara indonesia
b. jumlah penduduk malaysia lebih banyak dari jumlah penduduk indonesia
c. indonesia mengalami 6 kali pergantian presiden
d. 3 adalah bilangan prima yang pertama
e. 15 habis dibagi dengan 3

kalima-kalimat diatas adalah kalimat deklaratif karena dapat diketahui nilai kebenarannya (truth value), yaitu true (benar) atau false (salah).kalimat contoh "palembang adalah ibukota negara indonesia" bernilai false karena ibukoa negara indonesia adalah jakarta.
sebaliknya, kalimat yang tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya, baik true (benar) maupun false (salah), disebut kalimat terbuka. sebagai perbandingan, berikut adalah contoh kalimat berbuka:
a. apakah hari ini ada ujian?
b. x + 5 > 10
c. herlya habis dibagi dengan 5
d. angka 10 dan angka 100 sudah saling menyayangi
e. heri sangat mencintai angka 9

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 13.06

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 13.06
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar