Minggu, 16 Maret 2014

Cara Jitu Menghilangkan Fobia

Fobia adalah rasa takut yang intens terhadap sesuatu, pada kenyataannya menimbulkan sedikit atau tidak ada bahaya yang sebenarnya. Jika Anda memiliki fobia, Anda mungkin menyadari bahwa rasa takut Anda tidak masuk akal pikiran, namun Anda masih tak dapat mengendalikan perasaan Anda. Anda Hanya terpikir tentang objek atau situasi yang ditakuti mungkin membuat Anda cemas.

Pengalaman ini begitu menegangkan bahwa Anda mungkin berusaha keras untuk menghindarinya, merepotkan diri sendiri atau bahkan mengubah gaya hidup Anda. Jika Anda memiliki claustrophobia, Memahami fobia Anda adalah langkah pertama untuk mengatasinya. Sangatlah penting untuk mengetahui bahwa phobia yang umum. Memiliki fobia tidak berarti kau gila! Hal ini juga membantu untuk mengetahui bahwa fobia yang sangat diobati. Anda dapat mengatasi rasa kecemasan dan ketakutan, tidak peduli seberapa luar kendali rasanya. Berikut tips menghilangkan phobia


1.      Hadapi ketakutan Anda, satu langkah pada satu waktu
Sudah sewajarnya untuk ingin menghindari hal atau situasi takut Anda. Tapi ketika anda datang untuk mengalahkan fobia, menghadapi rasa ketakutan Anda adalah kuncinya. Sementara penghindaran dapat membuat Anda merasa lebih baik dalam jangka pendek,. Anda tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk belajar bagaimana mengatasi ketakutan Anda dan pengalaman kendali atas situasi. Akibatnya, fobia menjadi semakin menakutkan dan lebih menakutkan dalam pikiran Anda.

Exposure: Secara bertahap dan berulang kali menghadapi ketakutan Anda
Cara yang paling efektif untuk mengatasi fobia adalah dengan secara bertahap dan berulang kali mengekspos diri Anda untuk apa yang Anda takuti dengan cara yang aman dan terkendali. Selama proses paparan ini, Anda akan belajar untuk naik keluar dari kecemasan dan ketakutan sampai pasti berlalu.

Melalui pengalaman yang berulang menghadapi ketakutan Anda, Anda akan mulai menyadari bahwa yang terburuk tidak akan terjadi, Anda tidak akan mati atau "hilang". Dengan setiap eksposur, Anda akan merasa lebih percaya diri dan terkendali. phobia mulai kehilangan kekuatannya.

Berhasil menghadapi ketakutan Anda memerlukan strategi perencanaan, latihan, dan kesabaran. Tips berikut akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari proses eksposur.

2.      Pelajari teknik relaksasi
Seperti yang akan Anda ingat, ketika Anda sedang takut atau cemas, Anda mengalami beberapa gejala fisik tidak nyaman, seperti jantung berdetak lebih cepat dan perasaan menyesakkan. Ini sensasi fisik bisa menakutkan sendiri dan sebagian besar dari apa yang membuat fobia Anda sehingga menyedihkan. Namun, dengan terus belajar dan berlatih teknik relaksasi, Anda bisa menjadi lebih percaya diri dalam kemampuan Anda untuk mentoleransi ini sensasi tidak nyaman dan menenangkan diri dengan cepat.

Teknik relaksasi seperti relaksasi pernapasan, meditasi, dan relaksasi otot adalah penangkal yang kuat untuk kecemasan, panik, dan ketakutan. Dengan latihan teratur, mereka dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengontrol gejala fisik kecemasan, yang akan membuat Anda menghadapi fobia tidak menakutkan. Teknik relaksasi juga akan membantu Anda mengatasi lebih efektif dengan sumber-sumber lain dari stres dan kecemasan dalam hidup Anda.

Latihan relaksasi pernapasan sederhana
Bila Anda cemas, Anda cenderung untuk mengambil cepat, napas pendek (juga dikenal sebagai bernapas), yang sebenarnya menambah perasaan fisik kecemasan. Dengan menarik napas dalam dari perut, Anda dapat membalikkan ini sensasi fisik. Anda tidak bisa menjadi marah ketika Anda bernapas perlahan, dalam, dan diam-diam. Dalam menit singkat dari pernafasan dalam, Anda akan merasa sangat tegang, sesak napas, dan cemas.

 3.      Tantangan pikiran negatif
Belajar untuk menantang pikiran membantu merupakan langkah penting dalam mengatasi fobia Anda. Bila Anda memiliki phobia, Anda cenderung melebih-lebihkan seberapa buruk itu akan jika Anda terkena situasi Anda takut. Pada saat bersamaan, Anda meremehkan kemampuan Anda untuk mengatasinya.


Pikiran cemas yang memicu dan fobia bahan bakar biasanya negatif dan tidak realistis. Ini dapat membantu untuk menempatkan fikiran-fikiran ini untuk menguji. Memulai dengan menuliskan setiap fikiran negatif yang Anda miliki ketika dihadapkan dengan fobia Anda.

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 14.47

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 14.47
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar