Kamis, 08 Mei 2014

Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Kito share - Manfaat jaringan computer bagi pengguna dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu kebutuhan perusahaan dan jaringan untuk umum. Tujuan utama terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah:

  • Resource sharing yang bertujuan supaya seluruh program, peralatan, khususnya data, bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.


  • High reliability (keandalan tinggi) yang diperoleh karena tersediannya sumber daya alternative. Misalnya, semua file dapat disalin (back-up) ke semua mesin sehingga bila salah satu mesin mati, maka file tetap dapat diakses dari mesin lain yang masih aktif, selain itu dengan adanya CPU yang banyak maka bila salah satu CPU tidak pakai, maka CPU lain akan mengambil alih tugasnya, walaupun kinerjanya jadi menurun. Kemampuan melanjutkan pekerjaan saat mendapatkan masalah pada perangkat keras adalah suatu hal yang sangat penting.


  • Saving Money (menghemat uang). Computer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan computer yang besar. Computer mainframe kira-kira memiliki kecepatan 10x lipat kecepatan computer pribadi, akan tetapi harga mainframe 10x lebih mahal. Ketidak seimbangan rasio harga/kinerja inin menyebabkan para perancangan system merasa lebih baik membangun system yang terdiri dari computer-komputer kecil (PC)


Manfaat jaringan computer
Jaringan computer akan member layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah disbanding dengan layanan yang diberikan perusahaan. Terdapat tigal hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan computer pada perorangan yaitu.
  • Access ke informasi yang berada di tempat lain( seperti akses berita hari ini,info e-goverman, e-commerce atau e-business), semua up to date
  • Komunikasi orang ke orang (person to person seperti email, chatting, video conferene, dan lain-lain).
  • Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv online, radio streaming, download fil atau lagu, dan lain-lain).



Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 04.29

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 04.29
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar