Kamis, 08 Mei 2014

Pengertian dan Macam-macam BIOS

Program BIOS (Basic Inpit Output System) adalah Program kontroler standar yang terpasang dalam motherboard. Program ini disimpan dalam chip IC yang disebut ROM (read Only Memory) dan selalu bekerja mengontrol hardware yang terpasang pada motherboard meskipun komputer tidak dipakai (dimatikan). hal ini dimungkinkan oleh adanya baterai kecil yang terpasang pada motherboard.
orang sering menyebut chip IC ini dengan sebutan IC ROOM BIOS. pada saat selesai merakit komputer, program ini harus diatur jenis-jenisnya peralatan elektronik yang akan dihubungkan dengan motherboard, selanjutnya setiap saat program BIOS akan selalu mengontrol perangkat keras yang terpasang meskipun komputer dimatikan. kontrol setiap saat ini memungkinkan komputer selalu siap dipakai pada saat komputer dinyalakan. pada kondisi baterai kecil lemah, biasanya pengaturan pada program BIOS ini hilang sehingga sulit untuk mempergunakan komputer. anda harus kembali mengatur ulang program Bios seperti anda lakukan pada waktu merakit komputer.

ROOM BIOS terdiri dari beberapa macam, antara lain:
a. ROM AMI BIOS
b. ROM ISA BISO
c. ROOM MR BIOS
d. ROM WIN BIOS, dll

untuk masuk mode setup BIOS seperti CMOS BIOS,AMI BIOS serta beberapa mode BIOS lain, pada saat komputer pertama kali diaktifkan, tekan tombol Del. untuk setup mode IBM BIOS kita harus menekan tombol F1 atau F10.untuk BIOS Setup motherboard dengan chip intel ada yang menggunakan tombol F2. untuk mode setup mesin compaq lama, user terlebih dulu harus memasukan disket setup BIOS-nya bisa melakukan seting yang diinginkan.

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 04.35

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 04.35
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar