Kamis, 08 Mei 2014

Protokol-protokol Jaringan

Protokol merupakan himpunan aturan-aturan yang memungkinkan computer satu dapat berhubungan dengan Komputer lain. Aturan-aturannya meliputi tata cara bagaimana agar computer bisa saling berkomunikasi, biasanya berupa bentuk (model) komunikasi, waktu (saat berkomunikasi), barisan (traffic saat berkomunikasi), pemeriksaan error saat perpindahan data, dll.

Protocol jaringan adalah berbagai protocol yang terdapat dari lapisan teratas sampai terbawah yang ada dalam sederatan protokol. Di lihat dari sudut komdat (komunikasi data) ada beberapa protocol yang banyak digunakan pada jaringan komputer, di antaranya:

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP merupakan protocol standar pada jaringan internet yang tidak tergantung pada jenis komputer yang digunakan. Dengan menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) akan memungkinkan berbagai computer(seperti: PC IBM/Machintosh/Sun/HP/dll) berinteraksi satu dengan lain tanpa mengalami masalah yang berarti. Barangkali perlu dicatat bahwa Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) adalah perlengkapan standart pada system operasi Unix dan turunannya. Saat ini mesin Novell, SUN maupun Machitosh sudah dilengkapi protocol standar TCP/IP ini. 

IPX/SPX (Internet Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange)
IPZ/SPX adalah protocol standar pada jaringan Novell netware, untuk mengatasi masalah internetworking pada jaringan PC. Kenyataannya, sering kali IPX dijalankan berkaitan dengan TCP/IP karena lebih menguntungkan.
Novell Netware merupakan system operasi jaringan computer yang dirancang untuk mengitkan PC ke dalam jaringan antara-PC, yang dapat membuat resource harddisk dari server dapat digunakan bersama. Hubungan anara-client menjadi transparan (antara yang satu dengan lainnya). Pada tahun 1980 keatas hingga permulaan tahun 1990an, sistem operasi ini mendominasi hampir seluruh pasaran jaringan computer.

AppleTalk
Protocol AppleTalk diciptakan oleh perusahaan Aplle Computer, diterapkan pada jaringan dengan computer mesin Apple, yang diperkenalkan pada tahun 1985. Protocol ini mendukung teknologi milik Apple. Metode askes LocalTalk berfungsi sebaik Ethernet dan Token Ring. Manajemen jaringan AppleTalk dan metode askes LocalTalk telah digabungkan ke dalam semua mesin Macinthosh dan LaserWriter. Bersama produkapple lainnya dan mesin tipe lain, AppleTalk  dapat dijalankan di PC, VAX dan workstation UNIX. Sejak AppleTalk  diperkenalkan (sesudah model OSI), protokol AppleTalk  adalah routable protokol yang terkandung dalam sebuah network layer (OSI layer 3).

gambar : Protokol Apple Talk dan Lapisan OSI

Protokol AppleTalk:
AppleTalk Filing Protocol (AFP) adalah protocol untuk mengatur penerimaan dan pengiriman file dari computer Apple.
Zone Informaion Protocol (ZIP) adalah protocol untuk mengatur suatu daerah (zone) yang dibuat jaringan AppleTalk. ZIP memetakan nomor network ke suatu zone.
Routing Table Maintenance Protocol (RTMP) merupakan prookol routing network bagi AppleTalk yang berjenis distance vector.
Name Binding Protocol (NBP) berfungsi untuk mengadakan translasi suatu nama dari alamat AppleTalk (seperti DNS di TCP/IP).
Datagram Delivery Protokol (DDP) berfungsi untuk memberikan alamat yang unik bagi setiap node di dalam jaringan AppleTalk.
etherTalk, TokenTalk dan FDDITalk adalah protocol-protokol yang menunjung jaringan Rthernet, Token dan FDDI di jaringan Apple.
Apple Talk Addess terdiri dari dua bagian yaitu 16bit untuk nomor jaringan (network number) dan 8bit untuk nomor node (node number). Oleh karena berjumlah 16bi, maka nomor maksimal dari nomor network adalah 65535, sedangkan nomor maksimal untuk node adalah 254. Nomor node 0 tidak digunakan (tidak boleh dipakai) dan nomor 255 dipakai untuk broadcast.

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 04.30

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 04.30
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar