Kamis, 08 Mei 2014

Teknik Penyaluran Sinyal Pada Jaringan

Kito Share - Komunikasi data antar computer dalam topologi jaringan memerlukan teknik penyaluran sinyal agar data yang terkirim sesuai keadaan yang sebenarnya atau sesuai keinginan. Namun secara singkat dapat diuraikan bahwa teknik penyaluran sinyal dalam saluran media transmisi dengan menggunakan teknik sebagai berikut:

Baseband
Menggunakan sinyal digital. Transmisi yang digunakan bersifat bidirectional dan dipakai hanya untuk topologi bus yang jangka pendek. Media yang digunakan adalah kabel coaxial (50 ohm), dengan spesifikasi IEEE 802.3 (Ethernet). Bila into kabel coaxial berdiameter 0.4 inchi dan data rate 10 mbps, maka dengan perangkat ini kita dapat menjangkau jarak 500m (dikenal dengan sebutan 10BASES). Untuk jarak yang lebih jauh dapat digunakan repeater.

Broadband
Menggunakan sinyal analog dengan Frequency Division Multiplexing (FDM). Spektrum media tranmisi dapat dibagi sesuai keperluan. Jarak yang dapat dijangkau lebih jauh disbanding baseband dan mendukung topologi tree, merupakan hubungan undirection yang penuh, yang mengharuskan ada dua saluran data. Semua stasiun mengirim sinyal melalui inbound dan menerima sinyal dari saluran outbound dengan cara:
  • Memakai dua kabel terpisah (dual cable), atau
  • Memakai satu kabel dengan frekuensi modulasi berbeda (split)
  • Memakai media tranmisi kabel coaxial 75ohm dan data selalu dimodulasi terlebih dahulu, lebih baik dari baseband karena dapat mengirim voice dan video secara bersamaan.

Ditulis oleh: kito share kumpulan materi pelajaran Updated at : 04.31

Ditulis Oleh :kito share Unknown // 04.31
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar